Rabu, 17 Agustus 2016

Pusar Ibu Hamil – Apa yang Harus Diketahui

Saat seorang wanita hamil, maka perubahan besar akan terjadi pada tubuh. Dan salah satunya adalah pusar yang menonjol keluar. Kondisi ini tentu saja normal dan lumrah terjadi dikarenakan ukuran janin yang terus membesar sehingga rahim pun akan mengikuti perubahan itu. Biasanya, pusar mulai menonjol pada kehamilan memasuki trimester kedua walau ada juga yang terjadi pada akhir trimester ketiga.

Meski terasa mengganggu seperti muncul ruam atau terasa nyeri namun sebaiknya ibu hamil tidak terburu buru untuk menempelkan plester untuk menahannya. Begitu juga saat terasa gatal yang terkadang sangat sulit untuk tidak menyentuhnya dengan tangan. Ingat, membersihkan dengan menggunakan tangan adalah tindakan yang tidak tepat karena bisa menimbulkan iritasi.

Adapun rasa gatal yang muncul ini sebaiknya perlu diwaspadai juga karena bisa jadi bunda terkena PUPP atau Pruritic Urticarial Papules and Plaques of Pregnancy dikarenakan hormon HCG dan estrogen mengalami peningkatan. Gejala ini bisa meluas seperti adanya rasa kebas, bengkak, kulit menjadi kemerahan serta bintik bintik yang berisi cairan.

Nah, agar tak memunculkan resiko lainnya sebaiknya lakukan perawatan secara rutin dengan menggunakan peralatan yang aman seperti kapas atau kain khusus. Jangan lupa, gunakan juga minyak kelapa atau pelembab untuk menjaga kelembabannya. Membersihkan tubuh dengan cara mandi dua kali sehari juga bisa membuat ibu hamil merasa nyaman dan bebas dari gerah.

Oh ya, apakah pusar ibu hamil yang menonjol tersebut bisa kembali normal setelah melahirkan? Jangan khawatir bunda, bentuk serta ukuran pusar akan kembali pada bentuk semula karena kulit sudah tidak lagi meregang akibat pembesaran janin.

Menentukan Jenis Kelamin Lewat Pusar. Mitoskah?

Tidak sedikit calon orang tua yang penasaran dengan jenis kelamin janin yang sedang dikandung. Mereka pun mencari tahu tentang bagaimana cara mengetahuinya seperti dari pusar yang menonjol tadi. Pertanyaannya, benarkah metode tersebut? Sayangnya, mengetahui jenis kelamin berdasarkan pusar menonjol adalah mitos belaka.

Agar hasil lebih akurat, sebaiknya bunda dan suami melakukan pemeriksaan langsung pada dokter kandungan melalui alat khusus untuk mendeteksinya. Jadi, tak sekedar menebak bukan?


Tidak ada komentar:

Posting Komentar